Dinas Pendidikan Kota Surabaya mulai Program Penerimaan Peserta Didik Baru Paperless On line tahun pelajaran 2012/2013

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), yang masih banyak disebut sebagai Penerimaan Siswa Baru (PSB), sering membuat orang tua (masyarakat) resah memikirkan putra-putrinya untuk mendaftarkan ke sekolah yang lebih tinggi, yaitu lulusan SD ke jenjang SMP atau lulusan SMP ke jenjang SMA/SMK

Keresahan tersebut dapat dipahami karena sebagian orang tua masih banyak yang menghendaki putra-putrinya dapat diterima di sekolah negeri. Padahal, jumlah tamatan SD dengan pagu SMP Negeri, juga jumlah tamatan SMP dengan pagu SMA / SMK Negeri tidaklah berbanding lurus. Sehingga calon peserta didik harus bersaing yang relatif ketat.

Persaingan  untuk memperebutkan bangku sekolah negeri yang sangat kompetitif ini memberi  tantangan tersendiri bagi Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk melayani masyarakat dengan system yang transparan, adil dan tidak diskriminatif, serta akuntabel. Dengan system ini, seluruh masyarakat dapat memantau perkembangan penerimaan peserta didik baru setiap saat selama 24 jam setiap hari, sehingga pada akhirnya yang betul-betul berhaklah yang dapat diterima di sekolah negeri, tanpa memprioritaskan orang-perorang maupun golongan.

Untuk PPDB tahun pelajaran 2012/2013 ada beberapa perubahan yang perlu diperhatikan oleh orang tua/wali calon peserta didik, antara lain :

Seleksi akademis menggunakan nilai Ujian Nasional (UN)
Calon Peserta Didik tamatan sekolah di Surabaya tetapi bukan warga Kota Surabaya (untuk selanjutnya disebut Rekomendasi Dalam Kota), diberi kesempatan untuk sekolah di Surabaya dengan pagu 1 % (satu prosen) baik dari pagu kota maupun pagu sekolah.
Calon Peserta Didik tamatan sekolah Luar Kota tetapi warga Kota Surabaya (untuk selanjutnya disebut Mutasi) tidak dikenakan pagu 1 % (satu prosen) .

PPDB/PSB dengan konsep tanpa  kertas ini masih dijadikan basis pelayanan dan terus ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa  dan  orang tua (masyarakat) dalam melakukan pendaftaran. Masyarakat dapat melakukan pendaftaran di rumah, di sekolah-sekolah negeri yang siap membantu, di semua  lokasi yang memiliki akses internet, dimana saja sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Hal ini disebabkan karena konsep yang digunakan dalam PPDB adalah  berbasis WEB.

Meskipun demikian, PPDB yang berbasis WEB ini masih dimungkinkan menimbulkan kekhawatiran Orang Tua/wali dan masyarakat tentang sulitnya melakukan pendaftaran, maka Dinas Pendidikan Kota Surabaya melakukan berbagai upaya agar kekhawatiran itu  dapat diminimalisir, antara lain :

Menyederhanakan cara pendaftaran lewat internet
Semua calon siswa yang berasal dari SD/SDLB/MI/SMP/SMPLB/MTs sebanyak lebih kurang 80.000 calon siswa diberikan panduan bagaimana cara mendaftar
Bekerjasama dengan berbagai pihak dalam sarana prasarana,  sosialisasi,  maupun membantu pendaftaran
Memberi kesempatan untuk mencoba (latihan pendaftaran) sebanyak 4 (empat) kali.
Menyediakan tenaga-tenaga  (helper) yang siap membantu calon peserta didik untuk melakukan pendaftaran baik disekolah-sekolah, mobil keliling, dan tempat-tempat strategis.

Harapan Dinas Pendidikan, dengan langkah-langkah tersebut diatas, tidak ada lagi alasan untuk tidak mendaftar karena kesulitan proses pendaftaran dengan mengedepankan motto : Semua anak usia sekolah di Surabaya harus sekolah.

Sistem PPDB ini masih perlu banyak  perbaikan untuk menuju ke kesempurnaan, untuk itu tegur sapa dari  insan  Teknologi Informasi, Pemerhati Pendidikan, dan semua  elemen masyarakat kami  nantikan untuk perbaikan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat  umumnya dan kepada calon-calon siswa sebagai penerus bangsa ***

Sumber : http://www.ppdbsurabaya.net/

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: