D3 atau Strata1?

Penulis : Nina Queena Hadi Putri

Mahasiswi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang
ninayempooh@gmail.com

Bagi siswa sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA/K) dan sederajat yang usai menempuh ujian nasional (unas) dan berkeinginan melanjutkan ke pendidikan yang tinggi dan masih bimbang dengan memilih antara program pendidikan antara D3 (diploma) atau S1 (strata satu) perlu memerhatikan dan mempertimbangkan matang di antara keduanya agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Sebenarnya, program diploma dan strata ini tidak jauh berbeda. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Pada program diploma, materi lebih dipadatkan, mahasiswa diberi bekal lebih untuk siap terjun di dunia kerja sesuai potensinya. Selain mahasiswa diploma tidak dituntut menghafal berbagai teori seperti mahasiswa sarjana, tetapi dibekali banyak pengetahuan dan informasi tentang standar kompetensi kerja yang tidak akan ditemui oleh mahasiswa yang memilih program strata satu.

Tidak mengherankan, jika mahasiswa program strata setelah lulus masih bingung akan bekerja di bidang apa dan tidak mengetahui potensi dalam dirinya. Ini karena mahasiswa strata tidak dibekali kemampuan untuk langsung bekerja. Persaingan di dunia kerja setelah lulus kuliah yang mayoritas membutuhkan lulusan siap pakai dan berkemampuan, membuat program diploma membekali mahasiswanya dengan berbagai kompetensi kerja, semakin diminati. Program diploma banyak digembleng dengan kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) dan magang, memiliki kemampuan dan keterampilan yang lebih dan menonjolkan aspek praktik lapangan menggunakan bobot muatan sistem kredit semester (SKS) yang berbeda dengan mahasiswa program sarjana.

Dengan komposisi 60 persen praktik di dunia kerja dan 40 persen teori, karena mahasiswa diploma dipersiapkan untuk siap kerja yang lebih menekankan praktik dibanding teori. Ini berbeda dengan program strata satu yang lebih menekankan teori dibanding praktik langsung di dunia kerja. Secara analisis, mahasiswa diploma tidak memiliki kemampuan lebih dibanding mahasiswa program sarjana yang jauh lebih detail dan menguasai konsep analisis masalah secara teoritis dan normatif. Namun, secara praktik dan melihat potensi peluang kerja, mahasiswa program diploma jauh lebih menguasai dan memahami teknis yang harus dilakukan saat terjun langsung di dunia kerja. Selain, lulusan diploma bisa melanjutkan ke jenjang Srata 1.

Program diploma dengan masa kuliah tiga tahun, tentu lebih cepat selesai dibanding program sarjana yang perlu waktu minimal empat tahun untuk memyelesaikan studi. Atau, program diploma lebih cepat selesai dan membuat biaya relatif lebih murah dibanding program sarjana. Program diploma yang lebih cepat lulus menjadi peluang untuk merebut pasar kerja, dengan kata lain lulusan Diploma yang bergelar A Md (ahli madya) mempunyai kesempatan terlebih dulu mencari kerja. Berbeda dengan jenjang Strata satu, yang masih harus menempuh kuliah, dilanjutkan dengan kuliah kerja nyata (KKN), menyusun skripsi, dan sebagainya yang secara keseluruhan belum tentu selesai dalam kurun waktu empat tahun.

Paradigma pemikiran yang meluas di masyarakat bahwa lulusan diploma tidak sebagus strata satu tentu perlu ditumbangkan, karena antara program diploma dan strata keduanya memiliki kualitas yang sama bagus dengan keunggulan yang berbeda. Selain itu, lulusan diploma yang dicetak untuk langsung merespons dunia kerja tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Sumber : http://www.surya.co.id/?p=171988

Satu Tanggapan

  1. sebagai tambahan ada juga D4 yang setara dengan S1.
    Gelar yang didapat juga sama sarjana juga. sebagai contoh yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – ITS.

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: