13.695 PAUD di Jatim, Perlu Standarisasi?

Kantor Wilayah Dinas Pendidikan Jawa Timur segera menata 13.695 lembaga pendidikan anak usia dini melalui standarisasi kualitas agar tidak merugikan masyarakat.

“Tapi, kami masih menunggu terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas). Yang jelas karena jumlahnya semakin banyak kami akan melakukan penataan,” kata Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) dan Nilai Budaya Disdik Jatim, M Nasor.

Data rekapitulasi Disdik Jatim mencatat 13.695 lembaga PAUD yang ada meliputi 234 lembaga taman penitipan anak (TPA), 9.698 lembaga kelompok bermain, dan 3.763 lembaga POS PAUD.

“Standardisasi kualitas penyelenggaraan PAUD itu sangat penting untuk mengukur kualitas penyelenggaraan pendidikan, apalagi sebagian besar penyelenggaraan PAUD dilakukan pihak swasta atau yayasan,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, jika tidak ada standardisasi kualitas, maka yayasan akan mengelola dengan semaunya sendiri sehingga merugikan masyarakat. “Kami hanya memfasilitasi saja. Selebihnya, kabupaten/kota memiliki wewenang lebih besar, termasuk dalam hal pemberian perizinan pendirian PAUD,” katanya.

Menurut Nasor, dari sekitar 4.022.338 anak usia 0-6 tahun tercatat 2.744.132 anak di Jatim belum bisa mendapat layanan PAUD, karena itu Disdik Jatim bersama-sama kabupaten/kota memperluas layanan PAUD untuk masyarakat.

“Masih rendahnya angka partisipasi PAUD hingga saat ini juga disebabkan rendahnya kepedulian pemerintah daerah terhadap pembangunan PAUD, karena alokasi dana yang dianggarkan untuk lembaga PAUD masih kecil,” katanya.

Sumber : http://www.surya.co.id/?p=173007

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: