Dosa ekologis Risma-Bambang

Pakar lingkungan hidup dari Universitas Airlangga (Unair) Dr Suparto Wijoyo menilai, reklamasi kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) sebagai dosa ekologis pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini-Bambang DH.

“Risma-Bambang baru saja dilantik, akan tetapi sudah membuat dosa ekologis pada masyarakat Kota Surabaya,” katanya di Surabaya, Selasa (19/10).

Ia mengemukakan bahwa kawasan Pamurbaya itu berfungsi sebagai mangkuk air atau bank air untuk kawasan Surabaya dan sekitarnya. “Kalau mangkuknya itu diuruk maka tidak mampu lagi menampung air hujan di Surabaya dan sekitarnya,” kata staf khusus di Kementerian Lingkungan Hidup itu.

Reklamasi, lanjut dia, hanya boleh dilakukan untuk kepentingan vegetasi. “Tapi, kalau reklamasi dengan cara pengurukan seperti itu, jelas arahnya perusakan lingkungan,” ucapnya menegaskan.

Oleh sebab itu, dia meminta Risma-Bambang segera menghentikan pengurukan oleh pihak pengembang. Jika tak segera dihentikan, persoalan banjir di Surabaya tak akan teratasi. “Ikon Surabaya sebagai ‘kota kenangan’ jangan sampai berubah menjadi ‘kota genangan’,” katanya memelesetkan salah satu bait lagu berjudul “Surabaya Oh Surabaya” itu.

Dia mengingatkan bahwa yang berwenang menghentikan pengurukan di Pamurbaya itu adalah Wali Kota Surabaya, bukan Gubernur Jatim. Sebelumnya, Risma menuding Gubernur Jatim telah memberikan izin reklamasi Pamurbaya. Namun, hal itu dibantah oleh Gubernur Soekarwo.

Sumber : http://www.surya.co.id/2010/10/20/pakar-reklamasi-pamurbaya-dosa-ekologis.html

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: