Atap TK Ambruk : 3 anak, 1 walimurid luka

ilustrasi

Photo diatas hanya ilustrasi.

Di saat pemkot tengah menggalakkan perbaikan gedung sekolah, 30 siswa dan empat guru TK justru harus mengalami trauma karena gedung sekolah mereka ambruk saat jam pelajaran. Tiga siswa dan seorang wali murid menjadi korban dan harus dilarikan ke rumah sakit ketika atap gedung sekolah TK 10 November, Jl Grogol I/17, runtuh, Selasa (2/3) sekitar pukul 09.30 WIB.

Menurut keterangan Kepala Sekolah TK 10 November, Siti Fatimah, atap gedung sekolah ambruk ketika siswa dan guru tengah menjalankan proses belajar mengajar. Saat itu ada 30 siswa TK B mengikuti pelajaran Bu Yayuk. “Kejadiannya cepat sekali. Begitu terdengar suara gredek, seluruh atap langsung ambruk, suasananya panik, anak-anak semua menangis dan ketakutan,” kisah Fatimah ditemui di lokasi kejadian.

Usai kejadian, gedung TK berukuran 3 x 20 meter itu tampak memprihatinkan. Bangunan berdinding tembok warna merah muda itu porak poranda dengan kayu rangka atap dan genting berserakan. Bangku, lemari dan buku-buku berserakan campur puing-puing genting.

Pihak sekolah dibantu warga segera mengevakuasi siswa. Pada saat itulah diketahui ada tiga siswa luka, yakni, Rizky, 9, luka di kepala dan lengan; M Alfan Torik, 6, luka di kepala; dan Adam, 6. Juga ada wali murid, Siti Asiyah yang juga ibu Rizky, luka di bagian kepala dan kaki.

Siti Asiyah yang pada saat kejadian berada di luar ruang sekolah, mengatakan, ambruknya atap sekolah diawali runtuhnya atap teras sekolah. “Saya langsung teriak dan berusaha masuk kelas untuk menyelamatkan anak saya, tapi keburu semua atap runtuh,” papar Siti ditemui di rumahnya. Ibu muda yang mencoba menolong anaknya itu sempat dilarikan ke Puskesmas Peneleh karena luka di kepala dan kaki kanan terkena paku.

Kondisi cukup serius dialami Alfan yang bagian belakang kepalanya robek, diperkirakan terkena pecahan genting. “Saat itu sedang belajar menulis, tiba-tiba atap ambruk,” ujar Alfan. Bocah warga Peneleh VI itu dilarikan ke Puskesmas Peneleh dan harus menerima tiga jahitan di kepala.

Gedung TK 10 November sudah berdiri sejak tahun 1970. Bangunan sekolah yang memanjang di lorong Grogol Gang I itu baru sekali mengalami perbaikan. “Pernah ada renovasi tahun 1985 saat sekolah ini masih bergabung dengan SD, tapi renovasinya tidak total,” ungkap Siti Fatimah. Jika melihat kondisi kayu penyangga atap yang runtuh memang terlihat sangat berumur kemungkinan bahan kayu itu merupakan bahan kayu sejak sekolah berdiri.

Gedung sekolah terdiri tiga ruang itu selama ini digunakan tempat pendidikan TK dan PAUD. Di pagi hari ada 30 siswa TK A yang mengikuti pelajaran. Siang mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB ada 30 siswa TK A yang mengisi kelas. Ke-60 siswa itu mendapat bimbingan empat guru. Sore hari, sekolah itu juga menjadi pusat pendidikan PAUD Kasih Bunda dengan 60 siswa.

Pihak sekolah pernah mengajukan renovasi ke Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya tapi belum ada tindakan dari Dindik maupun Bappeko. “Kami sudah buat proposal dilengkapi foto-foto di tahun 2007, bahkan ada petugas Bappeko yang mengukur bangunan, tapi belum ada tindakan,” tambah Fatimah.

Sementara itu Kabid Kesenian, Olahraga dan PLS Dindik Surabaya, Edi Santoso menyatakan, Dindik langsung merespons kejadian itu dengan berkoordinasi dengan UPTD, Lembaga Ketahanan Masyarakat Kota (LKMK) dan camat setempat. Untuk proses belajar mengajar, dalam satu dua hari ini akan diliburkan. Lokasi sementara sebagai tempat proses belajar mengajar adalah di Balai RW Pandean.

Selain itu Dindik juga membantu para korban. “Kami membawa semua korban ke RS Adi Husada, semua biaya kami tanggung,” tegas Edi.

Terkait upaya renovasi yang diajukan pihak TK ke Dindik, Edi mengaku tidak mengetahui ada pengajuan itu. “Tapi untuk renovasi, sekarang kami sifatnya hanya mengajukan ke pemkot, biasanya ada hibah dari pemkot,” tambah Edi.

Sumber : http://www.surya.co.id/2010/03/03/30siswa-tk-belajar-atap-sekolah-ambruk.html

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: