Makam GH.Von Faber bakal jadi Cagar Budaya


Bukan hanya gedung tua yang masuk daftar cagar budaya. Makam-makam di Surabaya pun diusulkan memperoleh perlakuan yang sama. Hingga kini, sedikitnya delapan makam bakal menjadi cagar budaya. Lima di antaranya bahkan sudah didaftarkan untuk mendapat SK (surat keputusan) dari wali kota Surabaya.

Lima makam itu adalah Kembang Kuning, Von Faber, Peneleh, Ereveld, dan Citroen. ”Kami sudah usulkan untuk dapat SK diduga cagar budaya,” kata anggota tim cagar budaya Retno Hastijanti.
Menurut dia, sejumlah makam di Surabaya memang bernilai historis tinggi. Dengan demikian, lokasi pekuburan itu sangat layak masuk dalam daftar cagar budaya. Apalagi, di dalam areal makam yang sudah didaftarkan, terdapat sejumlah tokoh yang lekat dengan sejarah.

”Sebelumnya, tim cagar budaya memang melakukan penelitian. Kami merasa ada nilai historisnya. Karena itu, akhirnya didaftarkan agar memperoleh SK,” terangnya.

Tim memang getol memperjuangkan makam jadi cagar budaya karena pesatnya pembangunan kota. Sejumlah gedung bersejarah akhirnya hilang untuk proyek mal atau gedung perkantoran.

Tak hanya gedung, makam juga bisa menjadi incaran investor. Karena itu, tim cagar budaya khawatir lokasi yang bernilai sejarah tersebut nanti hilang.

Retno mengatakan, selain lima makam tersebut, ada tiga makam lagi yang nilai historisnya dikaji. Lokasinya berada di kawasan berbeda. Yakni, makam Joko Jumput di Praban, makam Joko Taruna di Karang Bulak, dan makam Joko Samudra di Kenjeran.

”Informasinya, tempat-tempat itu punya nilai sejarah tinggi. Kami masih terus menelusurinya. Hari ini (kemarin) tim terjun ke lapangan untuk menggali data,” ujar pengajar di Untag Surabaya lulusan ITS tersebut.

Ketua Tim 11 Von Faber (penggiat cagar budaya) Eddy Emanuel Samson sepakat makam-makam tersebut didaftarkan sebagai cagar budaya. ”Memang sudah seharusnya diperhatikan lebih serius oleh pemerintah,” katanya.

Sumber : http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=93277

2 Tanggapan

  1. von faber adl penulis buku old surabaia yg berasal dr Belanda..dimana saya bisa dptkan biografi atau buku2 lain von faber yg sudah dijemahkan kedalam bhs indonesia..?

  2. Anda bisa menghubungi Bp.Autar Abdillah di Kampus Unesa Jurusan Sendratasik, Rif’an Asmanudin (Kolektor Buku Kuno) 72522762 atau ke Bapak Dukut Imam Widodo 8708218. Semoga orang-orang tersebut bisa membantu.

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: