Patung SUROBOYO ketabang kali DIHANCURKAN

Seperti telah diberitakan di blog ini sebelumnya (baca disini), maka mulai Sabtu 9/5/2009 kemarin, patung yang menjadi ikon kota Surabaya (ikan Sura dan buaya) mulai dihancurkan.

Meskipun pematungnya berdalih bentuk baru patung tersebut disesuaikan dengan keperluan photo spot bagi pengunjung taman baru di area ketabang kali, namun akhirnya pihak pemerintah kota menjatuhkan keputusan untuk membongkar patung tersebut.

Ada dua alasan yang menurut pemerintah kota Surabaya cukup mendasar, meskipun proses pembuatan patung suroboyo itu telah menelan biaya kurang lebih 400 juta rupiah.

Pertama, sisi utama patung Suro dan Boyo menghadap ke barat. Akibatnya, patung tampak tidak begitu jelas jika dilihat dari seberang Kalimas. ”Padahal, pembangunan patung itu ditujukan untuk mencuri pandangan dari seberang Kalimas,” kata Kepala Bappeko Tri Rismaharini.

Kesalahan kedua, kata dia, bentuk patung tidak sesuai ikon Surabaya asli. Seharusnya posisi moncong Suro dan Boyo berhadap-hadapan. Suro berada di sisi atas dan Boyo di bawah. Kenyataan yang ada di lapangan saat ini, kedua patung itu menghadap ke titik yang sama. Bentuknya tidak seperti ikon Surabaya kebanyakan.

”Ikon Surabaya yang benar itu seperti patung depan KBS (Kebun Binatang Surabaya, Red) itu lho,” tutur Risma. Ikon seperti itu juga menjadi simbol resmi yang digunakan dalam banyak hal. Misalnya, pencetakan buku, website, sampai stiker yang melambangkan Pemkot Surabaya.

Berikut ini sebagian foto-foto proses pembongkaran patung yang kami kutip dari sini..

***

Sumber : detiksurabaya.

2 Tanggapan

  1. sbenarnya patung ni jelek apa lagi waktu air mancurnya kluar dr mulut sura,malah kaya muntah sura-nya,lebih baik air mancurnya di pindah ke posisi lain

  2. benerin ea yg bgus ?ingt suroboyo daerah yg indah,

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: