Walikota Siap Jamin Tersangka Kasus Pungli

Walikota Surabaya Bambang DH siap membantu Kepala Dinas Perhubungan Bunari Mushofa yang saat ini ditahan Polda Jatim terkait pungli di dinasnya.

Mantan Ketua PDIP Surabaya ini janji akan membantu Bunari menjadi tahanan kota, sehingga tak perlu menghirup pengapnya sel tahanan mapolda. Dia siap menjadi jaminan seperti ketika 3 pejabat pemkot dan ketua DPRD menjadi tersangka kasus dugaan suap.

“Mungkin saja, biasanya pengacaranya meminta saya untuk menjamin. Silahkan saja kalau memang bermanfaat, saya siap menjadi penjamin,” kata Bambang kepada wartawan disela-sela peresmian instalasi air bersih di Gubeng Kertajaya IV c Surabaya, Sabtu (21/2/2009).

Bambang mengatakan sejak kasus pungli menggelinding, walikota telah meminta Bunari untuk bersikap kooperatif dan selalu hadir ketika dipanggil oleh pihak kepolisian. “Jangan menyulitkan dan selalu hadir setiap dipanggil,” ungkapnya.

Mantan guru matematika ini mengatakan dirinya juga menjadi penjamin bagi tiga pejabat pemkot dalam gratifikasi karena terkait dengan kepentingan roda pemerintahan. Jika ketiganya yaitu Sekretaris Daerah Soekamto Hadi, Asisten II Muhlas Udin dan Purwanto ditahan akan berpengaruh pada roda pemerintahan.

“Pak Soekamto dan kawan-kawan saya mengajukan permohonan pada yang berwenang agar mereka tidak ditahan. Kita tidak bisa bekerja,” ungkapnya.

Dia juga tidak mempersoalkan jika Polda Jawa Timur terus menyelidiki kasus pungli tersebut. Menurut dia itu kewenangan pihak kepolisian. “Tidak etis dong mengomentari yang bukan tanggungjawab saya,” pungkasnya.
***

Sumber: http://surabaya.detik.com/read/2009/02/21/165913/1088394/466/walikota-siap-jadi-jaminan-tahanan-kota-bunari

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: