Korupsi APBD Rp 21,9 Miliar : Anggota DPRD Sidoarjo Ramai Masuk Bui

Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Kiranya ungkapan tersebut cocok untuk empat anggota dan sepuluh mantan anggota DPRD Sidoarjo yang melakukan korupsi APBD Rp 20 miliar pada 2003.

Kemarin (23/4) mereka digiring bersama-sama ke Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Delta, Sidoarjo. Ke-14 orang tersebut menyusul rekan-rekan mereka yang telah menghuni hotel prodeo terlebih dahulu.

Eksekusi kemarin dilakukan tiga tahap. Tahap pertama, Kejaksaan Negeri Sidoarjo mengeksekusi enam terpidana pada pukul 05.30. Yaitu, Abd. Somad, Guntur Eko, Tito Pradopo, dan Purwadi Sigarlagi. Mereka adalah anggota DPRD Sidoarjo yang masih aktif. Dua orang lagi adalah anggota DPRD periode 1999-2004, yaitu Choiri Nur Affandi dan Faris Santoso. Eksekusi pertama tidak mengalami kendala. Enam terpidana datang atas kemauan sendiri dan digiring ke lapas tanpa didampingi pengacaranya, Mursyid Murdianto.

Siangnya giliran tujuh orang dieksekusi. Yaitu, Suud Hariyanto, Achmad Soedarmadji, Kismantoro, Salamin, Sukisno Ashariyadi, Danoe Bambang S., dan Agus Salim. Mereka tiba di Lapas Delta sekitar pukul 12.45 dengan dua mobil kejari. Sorenya, sekitar pukul 17.40, seorang terpidana lagi, Ali Fauzan, menyerahkan diri di kawasan Perumahan Taman Pinang Indah yang langsung dijemput petugas kejari.

Sekitar pukul 12.45, Kasi Intel Kejari Sidoarjo Yulianto bersama Kasi Pidsus Kemas Visnhu juga menggeledah rumah Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Sumi Harsono di Jalan Mustang, Sidoarjo. Seluruh isi rumah diperiksa. Namun, Sumi yang seharusnya juga masuk sel tidak berada di tempat.

Menurut seorang pembantu Sumi, sejak pagi majikan beserta istrinya sudah pergi. Sementara di garasi terparkir mobil Honda Altis hitam bernopol hitam W 549 NP.

Yulianto mengatakan, para terpidana tersebut bersikap kooperatif. Sebelum ditangkap, mereka menyerahkan diri dengan berkumpul di suatu tempat. Setelah berkumpul, tim dari kejari menjemput mereka untuk dibawa ke Lapas Delta Sidoarjo. ”Ini merupakan hasil pendekatan yang dilakukan tim kami selama ini,” katanya.

Selain ke-14 orang dan Sumi yang lari, ada seorang terpidana lagi yang mestinya masuk sel kemarin, tapi masih diberi toleransi. Dia adalah M. Ato’i Towali.

Menurut Yulianto, eksekusi Ato’i sementara ditunda hingga mantan anggota DPRD Sidoarjo itu sembuh. ”Kami menerima foto dan keterangan dokter bahwa yang bersangkutan sakit stroke,” katanya.

Hingga pukul 21.30 tadi malam, Sumi belum menyerahkan diri. Yulianto mengungkapkan akan menunggu dia hingga pukul 24.00 (tadi malam). Jika sampai batas waktu itu Sumi belum juga menyerahkan diri, kejari menetapkan dia sebagai daftar pencarian orang (DPO). ”Sumi jelas tidak kooperatif,” ujarnya.

Mursyid Murdianto mengatakan, Sumi sempat berjanji akan menyerahkan diri pukul 12.00. Dia juga mengaku tidak mengetahui alasan Sumi mangkir untuk dieksekusi. ”Intinya, klien saya punya iktikad baik untuk menyerahkan diri. Saya memberikan kebebasan kepada mereka untuk mengambil sikap,” ucapnya.

KPLP Lapas Delta Ridwantoro mengatakan, ke-14 terpidana tersebut ditempatkan di blok A 4 sebagai blok penyesuaian. Setelah itu, mereka akan masuk blok B. ”Sementara mereka menjalin masa sosialisasi dulu,” ungkapnya.

Beberapa saat setelah ke-14 orang itu masuk lapas, Wakil Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengunjungi mereka. Dia membawakan mi untuk Didik Susilo Hardi (terpidana yang dieksekusi pada Februari lalu). ”Biasanya Didik meminta mi. Saya bawakan juga jajan untuknya,” tutur Saiful.

Sumber:
http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=65406

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: