Badai SAY NO TO MEGAWATI di FACEBOOK

Jumlah supporter SAY NO TO MEGAWATI di FACEBOOK pukul 15.58 WIB 5 April 2009

Jumlah supporter SAY NO TO MEGAWATI di FACEBOOK pukul 15.58 WIB 5 April 2009

Fenomena yang menarik terjadi di situs Facebook. Sebuah grup supporter yang berjudul Say “NO!!!” to Megawati telah tersebar secara luar biasa kepada pemilik akun Facebook-mereka menyebut dirinya sebagai Facebookers. Hanya dalam hitungan beberapa jam saja grup ini telah menambah keanggotannya hingga ketika tulisan ini dibuat telah mencapai angka 42.219 padahal 22 jam yang lalu baru mendekati angka 10.000 fans.

Rata-rata komentar dari supporter di grup tersebut bernada kecewa, marah bahkan cenderung menghina Megawati dan PDI-Perjuangan saat mereka masih berkuasa.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Wahidah Suaib mengatakan, di dalam Pasal 84 tentang Larangan Kampanye, sanksi hanya dapat dikenai jika kampanye hitam dilakukan oleh peserta, pertugas, atau pelaksana kampanye parpol.

Artinya, jika itu bukan dari ketiga unsur tersebut, tak bisa dikenai pidana pemilu. “Kita harus lihat dulu, siapa yang melaksanakan grup tersebut, ketiga unsur tadi, karena ada pembatasan dalam konteks UU Pemilu. Ada pembatasan dalam pasal ini hanya untuk aktivitas dalam kampanye,” ungkapnya.

“Saya menduga grup itu hanyalah gerakan masyarakat sipil untuk mengkritisi calon-calon pemimpin ke depan atau kemungkinan juga ada dari simpatisan parpol tertentu. Hanya, kalau mau dipidana pemilu, ya agak sulit,” katanya.

Sumber-sumber asli :
http://www.facebook.com/pages/Say-NO-to-Megawati/54621826839
http://politikana.com/baca/2009/04/04/penolakan-facebookers-terhadap-megawati.html
http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/04/05/12182277/Anti-Mega.di.Facebook.Sulit.Dijerat.UU.Pemilu

28 Tanggapan

  1. mikin lama-makin rame aja forum ini…

    fenomena apa ini ya????

  2. Fenomena seringkali belum tentu perumus konklusi akhir.
    Namun setidaknya ini menunjukkan betapa banyak pengguna Facebook yang aspirasi politiknya tak terbendung dalam saluran yang mempunyai otoritas legal politis.

    Facebook sebagai medium social networking, barangkali dianggap lebih bisa mengakodomir libido kekecewaan penggunanya terhadap kondisi dan situasi politik tanah air. Namun demikian, apa yang terjadi di Forum Facebook tersebut belum tentu mencerminkan hasil PILPRES 2009 dan tidak bisa dianggap sebagai representasi suara kongkrit masyarakat Indonesia. Watak anonimitas, yang ditawarkan oleh Facebook dan jejaring sosial lain, dalam hal ini ikut menjadi salah satu faktor untuk meragukan akurasi jumlah dan visibiltas supporter di forum tersebut.

    Kecuali Pemerintah memiliki strategi dan infrastruktur yang cukup memadai sebagai respon perkembangan dunia IT ini misalnya dengan memfasilitasi masyarakat Indonesia yang sudah melek IT dengan Social Politic Networking a la FACEBOOK dengan prasyarat seluruh identitas penggunanya haruslah sama dengan KTP atau tanda pengenal resmi lain.

  3. kadang saya kasihan sama yang berkomentar ala katak dalam tempurung, bilang akurasi jumlah tidak bisa dipercayalah, beraninya anonimlah, harus pakai KTP supaya bisa dipercayalah, dan lain sebagainya.

    mungkin point anda valid jika membicarakan segelintir angka kelas teri, misalnya ratusan atau ribuan, tapi ini PULUHAN RIBU. dan sampai saya menulis ini, sudah 50 ribu lebih yang mendukung. pendukung yang tidak punya keuntungan apa-apa dalam memberi dukungannya, dan ini terjadi di weekend. saya prediksi besok ketika para karyawan perusahaan masuk kantor dan mendapatkan akses internet, angka ini akan melonjak tajam. itulah FENOMENA yang perlu dilihat. memang ini bukan pemilu, dan angkanya mungkin tidak sampai jutaan, tapi kenyataannya, mendapatkan puluhan ribu dukungan hanya dalam hitungan hari, setidaknya menunjukkan tidak ada asap tanpa api.

    mungkin untuk bisa menutup mulut komentar model begini ya melihat hasil pemilu presiden nanti, apakah masih bermimpi punya presiden megawati atau tidak.

  4. megawati mungkin suka ngambek.. jadi gak banyak didukung FBers

  5. untuk yang pro maupun yang anti megawati, kita gak perlu berbusa busa membuat komentar yang emosional dan saling hujat…sekali kali cobalah berfikir ilmiah dan sesuai fakta saja…mari sama sama kita inventarisir apa yang layak dan tidak layak dari seorang megawati sebagai calon presiden…JANGAN PILIH CALON PRESIDEN YANG TIDAK LAYAK…!!!

  6. hidup Puki …..
    setuju dengan komentar kamu cerdas…sekarang ini kita harus cerdas dengan apa yang akan kita pilih jangan sampai kita terjebak dengan janji janji yang di tawarkan oleh mereke…mengenai pro dan kontra dengan forum ini biarlah nanti kita lihat hasilnya di pemilu 2009, yang jelas kita sama-sama tau n gak perlu di perdebatkan lagi semua akan keberadaan forum ini Oke

  7. ck..ck…ck..

    pagi ini udah sampe 60ribuan loh..

  8. betullll jangan pilih orang yang gak layakkkkkkkkk!

  9. Hahah perkembangannya pesat sekali

  10. fantastis… skrg 65000-an

  11. Silakan berkunjung pak, postingan kita temanya sama🙂
    http://engeldvh.wordpress.com

  12. Luar biasa kekuatan internet ya…? Termasuk luar biasa tulisan anda ini traffic nya. Kunjungin situs Abah guru ya Bos… Biar ketularan High Traffic nya he..he…

  13. mungkin itu memang terlihat karena banyaknya kekecawaan masyarakat yang juga sebagai pengguna facebook..
    tapi dari komentar2 yang terlihat disana gag lebih hanya orang yang mempunyai otak udang yang cuma ikut2an ..

    dan pertanyaanya adalah ADAKAH CAPRES YANG LAYAK?

    http://gilang1st.wordpress.com/2009/03/14/golput-juga-pilihan/

  14. dua jam yang lalu saya membuka group ” Say NO!! to Megawati!”, supporternya 79.000, sekarang saya buka sudah 84.000. jadi dalam 2 jam sudah meningkat sebanyak 5.000 supporter yang menolak megawati menjadi presiden. Masihkah Megawati mampu menjadi Presiden RI?

  15. Semoga menjadi pengalaman bagi pemimpin lainnya..
    rakyat sekarang sudah pinter2 lho…..

  16. ha ha ha, sudah di delete kok tuh thread (Game Over) disaat mo meluncur ke angka 100 rebu tuh

  17. page “say no to megawati” di FB sudah berhasil dibungkam oleh pihak2 tertentu.
    kami turut berduka cita atas matinya demokrasi di indonesia.

  18. hmmm bisa juga dibungkam ya FB …, gimana nih?

  19. Yuu join di group Say No To Megawati yang baru

    http://www.facebook.com/group.php?gid=76200719488

  20. ada yang tau ga matinya kapan soalnya pas kemarin malam 12.30 (selasa dinihari-070409) masih bisa kebuka??? tp sekarang g bisa kebuka.

  21. mati satu tumbuh seribu, ada lagi bro nih!!!
    http://www.facebook.com/wall.php?id=76200719488#/group.php?gid=76200719488

  22. sekarang ada page baru lagi namanya “SAY NO TO MEGAWATI (CLEAN)” . Baru sampe angka 32.029 . Tanceppp truussss ….

  23. Sepertinya Group Facebook Say no to Megawati ada yg aneh.

    Keponakan dan ada salah seorang teman saya, tidak pernah menjadi Fans di Group tersebut.

    Namun Account Facebooknya bisa masuk menjadi Supporter di group tersebut.
    Sepertinya ada pihak2 yang menggunakan cara2 Hacker untuk memperbanyak Jumlah Supporter di group tersebut.

    Silakan dicek apabila anda mempunyai Account Facebook dan tidak pernah merasa ikutan bergabung di group tadi, namun account anda tercantum sebagai member.

    Saya juga melihat di group tersebut terdapat Ribuan Account Facebook yang baru dibuat. Mungkin sengaja dibuat hanya untuk memperbesar Jumlah member.

    Semoga Allah SWT memaaafkan pembuat Group ini, bermaksud tidak menyebar Kebencian, Namun jadinya sebagai penyebar kebencian baru.

  24. wow, nice article. keep posting.don

  25. setuju…..pilih presiden yang lebih cerdas. Bangsa ini sudah cukup maju untuk dipimpin seorangllusan SMA

  26. Rasanya naif, di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, di tengah gencar-gencarnya mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain, Indonesia justru mencalonkan sosok pemimpin yang bego..alias bloon…bukan menghina loo…tapi buktikan saja dari ucapan-ucapannya kelihatan bukan seorang yang intelek…yo… kita galang untuk memenangkan presiden yang doktor…biar dia tambah tahu diri….

  27. Saya mendukung megawati jadi presiden, tapi sekolah dulu sampai lulus s3, biar sebanding dengan lawannya.

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: