Tujuh Perupa Pameran ‘Gank Demokrasi’

Surabaya – Sebanyak tujuh perupa menggelar pameran bersama dengan tema “Gank Demokrasi” di Galeri Surabaya, kompleks Balai Pemuda, Surabaya, mulai 31 Maret hingga 5 April 2009.

Ketujuh perupa itu terdiri atas empat pelukis, yakni Bambang AW, David Sugiharto, Didik Mojo dan Erik Williem, satu pematung, Sugeng Pribadi (Klemins), fotografer Peter Wang dan Docnet menampilkan video art.

“Pameran ini untuk menyauti perkembangan politik saat ini di Indonesia. Kami menerjemahkan situasi politik saat ini dalam bentuk karya seni rupa,” kata Didik Mojo di Surabaya, Rabu.

Ia mengemukakan, dirinya menampilkan tiga lukisan, masing-masing berjudul “Lethal Weapon”, “Red Hot Chili Pepper” dan “Reality Show”.

Pada ketiga lukisannya, Didik menceritakan bagaimana realitas politik di Indonesia yang katanya menganut demokrasi Pancasila, padahal sesungguhnya adalah demokrasi yang ditanamkan oleh Amerika Serikat.

“Kita ini dijejali dengan demokrasi ala Amerika Serikat, tanpa bisa berkutik. Saya gambarkan kondisi itu dengan beberapa palu yang digunakan untuk menancapkan palu di atas kepala seseorang,” katanya.

Namun pada lukisan satunya, ia jutsru menyebutkan bahwa tidak ada demokrasi yang sesungguhnya. Menurut dia, pada kenyataannya dunia politik menunjukkan bahwa yang kuat yang akan menang.

“Meskipun demikian, saya berpendapat bahwa demokrasi yang baik itu adalah perpaduan. Ada yang miskin dengan yang kaya, semuanya saling mengisi dan berguna. Saya lembangkan itu dengan sambel yang di dalamnya berisi lombok, terasi, garam, dan lainnya,” katanya.

Sumber asli : http://antarajatim.com/?ref=disp&id=9332

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: