Sejak 2 tahun lalu RSJ Menur bersiap sambut Musim GILA

RSJ Menur siap menyambut Musim Gila Tiba

RSJ Menur siap menyambut Musim Gila Tiba


Bersiaplah. Caleg yang gagal melenggang ke kursi dewan terancam depresi hebat. Ya, ‘musim gila’ segera tiba.
Masih ingat Zuchri Yuli Nursanto? Ya, pengusaha sukses itu harus masuk rumah sakit jiwa (RSJ) setelah gagal menjadi Bupati Ponorogo pada Agustus 2005.

Tak hanya depresi, Zuchri juga harus menanggung utang Rp 3,3 miliar dari
seluruh biaya mengikuti Pilbup Rp 9,3 miliar. Sudah begitu, dia harus menghadapi kasus dugaan penipuan bilyet giro senilai Rp 2,97 miliar.

Nah, kejadian serupa bisa saja terjadi terhadap para caleg Pemilu 2009 yang gagal. Sebab, banyak di antara mereka yang menguras harta demi mencari dukungan. Bahkan ada yang nekat meminjam dana di bank.

Bagi yang akhirnya melenggang ke kursi dewan, bukan tidak mungkin berupaya keras mengembalikan modal. Hal paling praktis tentu melakukan korupsi. Sudah banyak wakil rakyat berada di balik jeruji besi, menemani pelaku kriminal akibat korupsi.

Kasus yang masih hangat adalah dugaan korupsi anggota DPR RI Abdul Hadi Djamal, yang juga tercatat sebagai caleg DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN).
Padahal, baliho Abdul Hadi yang dipasang di Dapil Sulawesi Selatan 1 (Kota Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar), semua berisi semangat untuk berperilaku jujur dalam membela rakyat.

Di luar urusan korupsi, bagi yang menang, rasanya tak terlalu berat mendapat tekanan mental. Sebaliknya, yang kalah sudah pasti akan kecewa. Jika tidak disikapi dengan bijaksana, kejiwaan caleg bisa terganggu.

Salah satu penyebab yang bisa mengancam kondisi kejiwaan caleg tidak terpilih adalah harta yang sudah terkuras. Lalu janji dari pihak tertentu namun tidak terbukti.

rsj-menur-siap-2
Misalnya, sudah mengeluarkan duit banyak, memberi apa yang dimaui calon pemilih, tapi kenyataannya tidak dipilih. Ini bisa menimbulkan kekecewaan yang mendalam bagi batin sang caleg.

Peluang Bisnis
Situasi ini tampaknya sudah ditangkap pengelolah RSJ, salah satunya RSJ Menur Surabaya. Bahkan, sejak dua tahun terakhir ini mereka sudah menyiapkan ruang paviliun khusus bagi caleg yang diketahui mengalami gejala kejiwaan.

Tak tanggung-tanggung, RSJ Menur telah mempersiapkan 30 tempat tidur (bed), mulai kelas VIP hingga kelas utama dengan tarif beragam sesuai dengan fasilitas dan kamar yang ada.

“Untuk ruang khusus ini, tarif kamarnya mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 100.000 per hari,” terang Direktur RSJ Provinsi Jatim, dr Hendro Riyanto Sp KJ MM.

Namun, bagi caleg yang terkena gangguan kejiwaan dan tidak memiliki dana, Pihak RSJ juga menyediakan kamar rawat biasa dengan tarif sekitar Rp 25.000 per hari.

Menurut Hendro, potensi gangguan kejiwaan dari para caleg saat ini lebih besar. Sebab, mereka tidak hanya bersaing dengan para caleg dari partai lain tetapi juga caleg dari sesama partai.

“Antisipasi ini kini dilakukan seluruh RSJ se-Indonesia. Kalau sekarang trend-nya seperti ini ya kita siapkan,” tuturnya.

Hendro juga menjelaskan, selama Pemilu ini Direktorat Kesehatan Jiwa Departemen Kesehatan telah menyiagakan seluruh dokter yang bertugas di 32 RSJ se-Indonesia dengan daya tampung 8.500 tempat tidur.

Hendro mengatakan, biasanya caleg yang mudah terganggu kejiwaan adalah caleg yang memiliki tempramental tinggi dan sangat berambisi terpilih sebagai anggota dewan.

“Intinya, kalau tidak siap mental, kemungkinan gejala kejiwaannya akan mudah terguncang,” terangnya.

“Sebenarnya kami tidak menginginkan hal seperti itu terjadi. Mudah-mudahan mereka (caleg) sudah siap mental, siap menang dan siap kalah,” lanjut Hendro, yang telah menyiapkan sedikitnya delapan dokter jiwa di RSJ Menur dengan 10 perawat.

Hendro juga menegaskan, pihaknya akan melayani pasien-pasien caleg seperti halnya pasien biasa dan tidak ada perlakuan khusus. “Tidak ada istilah pasien khusus. Mereka akan diperlakukan sama. Bedanya, mungkin hanya fasilitasnya karena berada di kamar VIP,” pungkasnya.(sir)

Sumber Asli:
http://dutamasyarakat.com/1/02dm.php?mdl=dtlartikel&id=13886

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: