Sistem Suara Terbanyak: Bakal Banyak Orang Gila dan Bunuh Diri

Jika Pemilu 2004 banyak caleg yang gila akibat terlalu menghamburkan dananya untuk kampaye. Sistem suara terbanyak dalam Pemilu 2009 akan semakin membuat caleg yang gagal menjadi gila dan nekat bunuh diri. Hal ini disinyalir akibat Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai suara terbanyak akan menimbulkan persoalan baru bagi caleg yang tidak siap.

“Permainan politik sekarang itu begitu keras. Kompetisinya sangat tajam dan brutal. Kalau orang tidak berhitung dan gagal, nanti akan banyak orang gila dan bunuh diri setelah pemilu usai,” kata Arbi Arbit, Kamis(5/2/2009).

Menurut Arbi, data orang gila akibat gagal nyaleg pada Pemilu 2004 saja sudah sangat banyak. Apalagi dengan sistem kompetisi penuh yang membutuhkan biaya dan energi yang tak sedikit, angka orang gila dan bunuh diri diperkirakan akan naik tajam.

“Lihat saja nanti pasti akan banyak yang gila, ada yang bunuh diri. Karena setelah dananya habis, rumahnya dijual, istrinya cerai, apa tidak gila mereka?” kata Arbi

Dosen UI ini menambahkan bahwa politik itu sangat kejam. Karenanya, jika tidak siap bersaing dengan fair, lebih baik tidak memaksakan diri.

Beberapa waktu lalu salah satu calon Bupati Ponorogo, Yuli Nursanto gila lantaran kalah dalam pemilihan Bupati Ponorogo, Jawa Timur. Hal ini disebabkan karena Yuli telah mengeluarkan dana hingga Rp 3 miliar untuk biaya kampanyenya. Celakanya, tak sedikit dari uang tersebut adalah dari hasil pinjaman.

Yang terbaru, mantan anggota DPRD Subang, Nano Hermanto mencoba bunuh diri dengan memanjat menara setinggi hampir seratus meter karena stres dan kecewa terkait pengusutan dugaan kasus korupsi Bupati Subang yang mengorbankan dirinya. (dtk)

Sumber asli : http://www.gp-ansor.org/berita/sistem-suara-terbanyak-bakal-banyak-orang-gila-dan-bunuh-diri.html

Satu Tanggapan

  1. sebenarnya gila dan bunuh diri atau tidak itu tergantung orangnya.seharusnya sejak awalencalonkan diri caleg sudah siap menerima resiko untuk tidak terpilih dnk…..kalau sampai gila atau bunuh diri berarti calleg tersebut tidak kuat mental dan iman. masak caleg kok tidak tahan banting!!!!

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: