Surabaya ternyata masih menerima KORUPTOR sebagai WAKILnya

Kota besar, maju dan modern seperti Surabaya ternyata masih permissif terhadap Kejahatan paling populer di Indonesia. Ini terbukti dengan masih di ‘biarkan’nya Musyafak Rouf CALEG nomer 1 dari PKB bebas memasang banner dan Baliho yang memohon restu kepada warga Surabaya untuk kembali menjadi anggota DPRD Surabaya pada PEMILU 2009 ini. Apakah CALEG tersebut memohon restu untuk kembali melakukan KORUPSI?

Banner Musyafak Rouf

Banner Musyafak Rouf

Pada 19-03-2009, di Pengadilan Negeri Surabaya, sidang perdana dugaan kasus suap yang melibatkan Ketua DPRD Kota Surabaya, Musyafak Rouf mulai digelar. Keseriusan KPK atas kasus ini setidaknya terlihat dari upaya memasang 4 kamera CCTV sebagai pemantau jalannya sidang tersebut. Artinya, KPK tidak ingin kecolongan dengan adanya ‘transaksi’ yang kelak dilakukan si terdakwa dengan majelis hakim ataupun jaksa penuntut. Ke empat CCTV itulah yang kelak menjadi ‘saksi mata’ atas berhasil tidaknya jalannya proses persidangkan untuk memproses secara hukum si pelaku kejahatan.

Musyafak Rouf Saat Sidang Perdana/Zainal

Musyafak Rouf Saat Sidang Perdana/Zainal

Empat CCTV itu masing-masing berada di dekat meja Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ade Tajudin, kuasa hukum terdakwa, kursi terdakwa dan di dekat meja majelis hakim.

Menurut Humas PN Surabaya, Berlin Damanik, pemantauan sidang dengan menggunakan CCTV ini merupakan hal yang sudah lumrah. “Inikan sidang kasus korupsi dan menjadi atensi khusus oleh KPK, sehingga nanti hasil rekaman selama sidang akan kita serahkan ke sana (KPK),” jelasnya.

Hingga pukul 10.30 WIB, sidang yang rencananya menghadirkan terdakwa Ketua DPRD Kota Surabaya Musyafak Rouf masih belum ada tanda-tanda akan dimulai.

Sementara puluhan petugas kepolisian dari Polres Surabaya Selatan nampak berjaga-jaga di beberapa titik PN Surabaya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang menarik dari amatan Docnetters, CALEG nomer 1 dari PKB ini masih dengan leluasan memajang atribut promosi dirinya meskipun terjerat status terdakwa. Berikut foto-foto hasil observasi dari rekan-rekan docnetters :

002

andai pohon itu bisa bicara

andai pohon itu bisa bicara

004

005

Asas praduga tak bersalah boleh-boleh saja diterapkan, namun Warga Surabaya tak boleh lengah dan kehilangan jejak informasi bahwa salah satu kandidat atau CALEG yang ikut di PEMILU 2009 adalah orang yang terlibat dan saat ini sedang diproses sidang terkait dugaan suap 720 juta. Semoga Warga Surabaya lebih arif menentukan pilihan-pilihannya di PEMILU 2009. ***

Sumber-sumber:
http://surabaya.detik.com/read/2009/03/19/114457/1101823/466/sidang-perdana-kasus-suap-dprd-pemkot-surabaya-dipantau-kpk

http://surabaya.detik.com/read/2009/03/19/121959/1101839/466/sidang-perdana-dugaan-suap-ketua-dprd-ditegur-hakim

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: