“PKS berlogo Palu arit di Facebook itu black campaign murahan”

palu_arit1

“Ini black campaign murahan, tidak perlu ditanggapi secara serius oleh PKS,” Begitulah ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PKS, Razikun, kepada detikcom. Padahal menurut Amin yang membuat plesetan lambang PKS ini, ia memplesetkan PKS dengan komunis adalah karena kemiripan organisasi ini, serta asal muasal partai ini. ” Asal muasal partai ini adalah Ikhwanul Muslim bentukan Hasan Al Banna,” imbuhnya. Amin menjelaskan, Ikhwanul Muslimin dahulunya dibawa oleh Partai Komunis Rusia. “Kesamaan partai ini dengan komunis adalah polit biro yang sama dengan Majelis syuro, di PKS,” jelasnya.

Seorang yang bernama Muhammad Amin memposting lambang yang mirip dengan lambang Partai Keadilan Sejahtera (PKS), parpol peserta pemilu nomor urut 8. Hebohnya pemberitaan media massa atas beredarnya lambang ini disitus jejaring sosial facebook adalah, bahwa lambang tersebut bertuliskan Partai Komunis Sejahtera, yang disingkat juga dengan PKS, dan ditambah lagi dengan adanya gambar berbentuk Palu Arit pada logo ini.

Berikut ini adalah cuplikan hasil wawancara dengan Muhammad Amin yang dikutip dari beberapa sumber :

Apa motivasi Anda membuat gambar tersebut?
Keisengan sekaligus keprihatinan atas konstelasi politik kontemporer Indonesia. Politik identitas semakin menyeruak, padahal politik identitas adalah politik yang tidak punya landasan logika dan sains. Saya tidak punya kepentingan apa-apa selain terenyuh saja melihat Indonesia.

Apa Anda tidak takut akan digugat?
Sarkasme dalam politik adalah sesuatu yang biasa, kalau mereka menggugat berarti mereka tidak bisa berpolitik dengan baik.

Mengapa Anda menyamakan PKS dengan PKI?
Oh saya tidak menyamakan. Jelas beda tapi ada kemiripan dalam struktur organisasi dan ideologi populisnya. PKS itu berkiblat ke Ikhwanul Muslimin yang memiliki bapak spiritual Hasan al Banna, (dia) adalah fansnya Hitler dan Marx. Jadi ada kemiripan, itu wajar. Saya anggap itu bagian dari freedom of speech, hak asasi manusia saya.

Apa Anda akan merivisi gambar tersebut?
Jika tidak ada sesuatu yang mendesak saya tidak akan merevisinya.

Mendesak seperti apa?
Kalau misalnya bakar-bakaran dan bunuh-bunuhan kayak reaksi kartun Nabi Muhammad itu. Tapi saya kira tidak akan sejauh itu, ini humor kok. Yang nanggapi logo saya terlalu serius entar gila sendiri hahaha…

Anda tinggal di mana sekarang?
Amsterdam.

Apa semua ini karena Anda terinspirasi dengan kebebasan yang ada di Belanda?
Tidak. Saya sudah berpikir bebas sejak kecil, sehingga sering mau dikeluarkan dari sekolah.

Kalau gara-gara gambar ini Anda dipanggi polisi?
Ngapain polisi panggil saya, ini hak warga negara.

Kan banyak kader PKS di luar negeri, apa nggak takut? Bukankah PKS akan mencari sang pembuat logo tersebut?
Justru teman saya di sini banyak kader PKS, saya sering diskusi sama mereka juga. Kalau memang mereka partai santun saya yakin ini tidak akan menjadi masalah. Kecuali kalau mereka masih bermental Orba.

Selain PKS, partai mana yang Anda ‘pelesetkan’?
Golkar sudah saya buat (Golkar dipelesetkan menjadi Golongan Kharam).

Partai yang lain?
Masih belum kepikiran, rencananya PKB juga kena.

Kenapa yang Anda serang pertama PKS dan Golkar?
Karena ini koalisi yang menurut saya akan mengantarkan Indonesia ke ‘neraka’. PKS yang walau belum mengakuinya, akan mengusung syariah Islam yang lambat laun akan membuat Indonesia terdisintegrasi dan Golkar yang masih sangat Orde Baru dan korup.

Aktivitas Anda saat ini?
Saya penulis buku. Yang sudah terbit judulnya Ziarah ke Makam Tuhan. Saat ini masih menunggu penerbitan buku saya ke bahasa Inggris.

Pandangan Anda sebagai WNI menyikapi Pemilu?

Belum ada partai yang bagus, jadi golput aja. Jangan pedulikan MUI. Kenyataan memalukan sebenarnya ketika reformasi ini justru partai terbesarnya masih Golkar. Ada PKS yang juga besar tapi puritan. Ada PD yang besar tapi keropos.

Ide membuat logo itu sekadar usil dan iseng semata?
Keisengan sekaligus keprihatinan terhadap konstelasi kontemporer Indonesia. Banyak partai menggunakan politik identitas, politik yang secara logika dan sains tidak punya legitimasi.

Logo ini sindiran atau apa?

Semacam sindiran berdasarkan logika dan fakta. Kiblat politik Partai Keadilan Sejahtera adalah Ikhwanul Muslimin dengan bapak spiritualnya Hasan Al-Banna. Hasan Al-Banna sendiri adalah seorang Marxis. Hasal Al-Banna berkiblat pada komunisme dan polit bironya, sehingga struktur gerakan dan ideologi populis Partai Keadilan Sejahtera dengan Partai Komunis Indonesia hampir sama persis. PKS sebenarnya hanyalah PKI yang dilabeli ‘Islam’. Logo itu sudah saya buat empat tahun lalu.

Kenapa baru dikeluarkan sekarang, bukankah Anda tahu sekarang masa kampanye? Bisa saja kan Anda dianggap kampanye negatif?

Saya bukan orang komunis ataupun simpatisan PKS. Buat saya, lucu saja bikin logo itu. Kenapa sekarang, karena justru sekarang itu momentum yang pas untuk membuka mata pemilih PKS.

Berarti anggapan bahwa Anda memang sengaja melakukan kampanye negatif bagi PKS benar dong?
Sama sekali tidak. Anggap saja kritik saya terhadap PKS, yang menurut saya, diam-diam mengagendakan syariat Islam dan menggunakan model polit biro dalam praktek politiknya. Tentu kritik saya terhadap partai lain lebih keras.

Tapi kan kenyataannya Anda tidak membuat sindiran parpol lain ‘sekeras’ PKS?

Menurut saya logo itu lucu lho. Sama sekali gak keras, hanya mengungkapkan fakta bahwa ada kesamaan antara PKS dan PKI.

Anda tahun 2004 ikut pemilu?

Tidak.

Pemilu tahun ini Anda ikut ?
Tahun ini tidak juga. Saya golput. Belum ada partai bagus di Indonesia.

Saat membuat Anda sudah tahu risikonya?
Risikonya saya tidak tahu hehehe. Semoga semua orang bersikap dewasa menghadapi humor ini.

Sejauh ini sudah ada kader PKS di Belanda yang mengontak Anda soal logo itu?

Saya kenal banyak kader PKS, kawan-kawan baik juga. Sejauh ini belum.

Sumber-sumber :
http://www.inilah.com/berita/politik/2009/02/27/86803/logo-pks-palu-arit-itu-lucu/
http://www.detiknews.com/read/2009/02/27/113022/1091501/158/partai-komunis-sejahtera-hanya-humor
http://ekampanyedamaipemiluindonesia2009.blogspot.com/2009/02/muhammad-amin-pembuat-logo-plesetan-pks.html

http://karodalnet.blogspot.com/2009/02/inilah-plesetan-logo-pks-palu-arit.html

10 Tanggapan

  1. Muhammad Amin orang yang tidak punya pemikiran yang jelas. Sebentar dia bilang “PKS mau menerapkan syariat islam, tapi kemudian dia bilang PKS komunis”. Sebenarnya apa yang dia inginkan. Mungkin Publikasi gratis dengan cara nekat. Sadarilah hai amin, kamu sudah melakukan kebohongan publik, kenapa orang baik-baik kamu fitnah sekeji itu. Banyak partai lain di Indonesia yang terang-terangan mengusung faham yang berhubungan dengan komunis, kenapa tidak partai itu saja yang ada kamu “Jahili”. Saya tahu karena kebetulan logo PKS memang logo yang paling mudah untuk di plesetkan kearah itu. Dengan kata lain “Kreativitas kamu sebetulnya mentok”.

  2. Semoga Allah memberkati orang-orang yang mampu menahan dirinya. Amien..

  3. Bagus juga, apa yang diungkapkan oleh Muhammad Amin ini, setidaknya membuka wawasan para “kader” dan “simpatisan” PKS, tentang jati diri PKS dari sisi lain, yang diindikasikan mirip dengan tata kerja partai komunis .

  4. MungQin Muhammad Amin salah satu orang yang sudah pusing memiQirkan Indonesia.. JDi dya GILA…
    Mo Ikt Pemilu,, tapi gak ada yang sesuai dengan Ideologi’a dya…
    mo bQin Partai..Gak punya pendukung…
    kasihan yha…

  5. coba tanya orang pks nya, bener gk kaya gtu??.n kalu bener ya sesat, dan kalau salah yaa istgfhar. UNTUK PKS JANGAN JADIKAN DAKWAH JADI KAMPANYE! OK

  6. ah tu kampanye PKS sendiri, biar kampanye gratis lagi

  7. ada yang membangun, ada yg menghancurkan. selalu begitu.

  8. Saya tidak melihat nilai-nilai ilmiah dari cara berpikirnya Mr. Amin. Inilah yg membuat Indonesia tidak pernah maju. Wong masyarakatnya saja masih byk yg suka bicara sekedar asumsi-asumsi belaka tanpa ada data yg jelas. Bahkan seorang peneliti yg punya datapun harus dikaji lagi apakah datanya valid berdasarkan metode penelitian, cara pengambilan data, dsb-nya. Berpikir bebas tidak berarti berbikir tanpa landasan. Mudah-mudahan pendidikan di Indonesia dapat segera diperbaiki agar orang seperti ini dapat berkurang.

  9. muhammad amin ini mirip pengikut yahudi,.. atau jangan2 benar asli lho yahudi.. coba perhatikan komentar2nya, dan kayaknya dia sangat kenaaal baik dengan karl max.

  10. Allah awt tidak melarang kita untuk berpolitik, namun harus sesuai dengan Alqur’an n hadits

    jangan sampai karena godaan kekuasaan jadi bnyak mengumbar janji dan menghalusinasikannya* ketika telah mendapatkan apa yg diinginkan

    *melupakan/mengingkari (red)🙂

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: