Pengibaran Bendera Palestina Di Surabaya


Massa umat Islam yang menyasar Sinagoga di Surabaya, Rabu (7/12/2009), mengerek bendera Palestina di tiang halaman rumah ibadah umat Yahudi tersebut. Pada tiang bendera itu semula tidak ada bendera apapun yang terpasang.
Namun, tindakan ini dilakukan dengan cara melompati pagar kompleks Sinagoga bernama Beth Hashem itu. Polisi Surabaya memang banyak yang berjaga tapi gagal mencegah insiden tersebut. Selain mengerek bendera Palestina, massa yang marah juga membakar bendera Israel di depan satu-satunya Sinagoga yang terbuka di Indonesia itu.

Tidak diketahui kemana orang Yahudi yang tinggal dekat Sinagoga itu berada ketika massa beraksi. Selama ini, Sinagoga tersebut dirawat keluarga Rivka Sayers. Ia memang keturunan Yahudi tapi datang ke Surabaya sejak negara Indonesia masih dalam angan-angan.

Rivka Sayers seorang perempuan, nenek moyangnya Yahudi dari tanah Irak yang kini hancur digempur Amerika Serikat. Kebanyakan orang di sekitar Sinagoga itu tahunya Rivka dari Arab. Rivka tidak hanya bisa bahasa Ibrani tapi juga mahir bahasa Arab.

Selain menyasar Sinagoga, massa juga berunjukrasa di gerai Mc Donald’s Delta Plaza Surabaya, dekat Beth Hashem. Mereka berseru keras-keras kepada pengunjung agar tidak memakan produk makanan cepat saji yang dianggap milik orang Yahudi, meski ayam-ayam yang digoreng sebenarnya juga dipasok dari peternak lokal macam Blitar, Tulungagung, Kediri dan Malang. SURYA Online – sugiharto/yuli ahmada

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: