Orang Buta bisa menjadi Graphic Designer?

“Apa bisa Orang buta menjadi Graphic designer?”

pelatihan-media-popular-11

Begitulah tanya Tiara, seorang remaja yang menjadi peserta Pelatihan Media Popular kepada Juslifar M. Junus sebagai salah satu narasumber hari itu.

“Kan, menurut anda, kriteria menjadi graphic designer adalah : 1.Punya Ide, 2.Punya Mata, 3.Punya Tangan (Skill) baru 4.Punya Komputer atau alat,..kalau teman saya yang buta ternyata yang punya ide, terus teman satu lagi punya mata dan Skill, lalu kita bareng-bareng mendesign menggunakan komputer punya saya? Apakah teman saya yang buta bisa disebut sebagai graphic designer?” Tiara kembali menuturkan pertanyaannya.

pelatihan-media-popular-2

Suasana Pelatihan Media Popular, Sabtu 27 Desember 2008 di Wisma Bahagia IAIN Sunan Ampel, organized by: The East Java Institute.

“Kalau proses mendesign boleh-boleh saja secara kolektif, tapi seseorang baru bisa disebut graphic designer jika memiliki setidaknya ke empat unsur tadi..” Tandas Juslifar M. Junus.

Tiara mengangguk-angguk penuh senyum. Juga peserta yang lain. Mereka yang hadir pada hari Sabtu, 27  Desember 2008 itu, adalah para peserta yang memenuhi undangan  The East Java Institute yang bekerjasama dengan ADEC (alternative education & training center) yang mengelar Pelatihan Media Popular.

pelatihan-media-popular-41

Suasana Pelatihan Media Popular, Sabtu 27 Desember 2008 di Wisma Bahagia IAIN Sunan Ampel, organized by: The East Java Institute.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan SMA/MA se Surabaya bahkan sebagian nampak peserta yang datang dari beberapa daerah di Jawa Timur.

pelatihan-media-popular-7

Harits Nu'man, S.Pd.I, Direktur The East Java Institute (TEJI)

“Acara ini memang sengaja kami peruntukan bagi remaja yang masih duduk di bangku SMA atau Aliyah di wilayah Jawa Timur” Demikian tutur Harits Nu’man, S.Pd.I, Direktur The East Java Institute (TEJI).

pelatihan-media-popular-61

Peserta Pelatihan secara berkelompok mencoba langsung mempraktekkan pengetahuan Pelatihan yang baru di dapat.

Pria alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Sunan Ampel Surabaya ini menambahkan, ” Mudah-mudahan jangkauan workshop atau pelatihan ini nantinya bisa benar-benar menyentuh pelajar SMA se Jawa Timur secara merata”.

pelatihan-media-popular-8

Arief M.Pd memberikan materi Pembuatan PowerPoint

pelatihan-media-popular-5

Budayawan Jawa Timur, Ilung S.Enha ikut memberikan materi seputar dampak penyalahgunaan Media Popular dan Tips & Trick solusinya.

pelatihan-media-popular-113

Salah seorang peserta yang aktif menanggapi makalah Ilung S.Enha

 

Pelatihan yang lebih bersifat motivasi dan pelatihan singkat tentang materi IT untuk SMA ini dilaksanakan di Wisma Bahagia IAIN Sunan Ampel Surabaya.  Para Peserta nampak antusias dan lebih mudah mengikuti materi-materi yang disampaikan karena panitia pelaksana Pelatihan menyediakan sarana Komputer untuk setiap kelompok yang hadir.

pelatihan-media-popular-12

Peserta Pelatihan antusias dengan sarana Komputer yang disediakan.
pelatihan-media-popular-9

Juslifar M. Junus memberikan materi design grafis.

pelatihan-media-popular-10

Umar Faruq, M.Pd memberikan cinderamata kepada Hisyam S.Pd sebagai salah satu narasumber Pelatihan.

“Ke depan, kami akan melengkapi Pelatihan serupa dengan penyediaan komputer atau laptop untuk setiap peserta, bukan untuk satu kelompok seperti sekarang ini”  ujar Umar Faruq, M.Pd yang bertindak sebagai sekretaris TEJI mengakhiri wawancara hari itu. ***

all photo by : Dechazuha

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: