Baliho Caleg Hanya Boleh di 6 Titik

SURABAYA - Pemasangan reklame baliho calon legislatif (caleg) untuk kampanye hanya boleh di enam titik lokasi Surabaya. Hal itu merupakan hasil pertemuan antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, partai politik, dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), dan Pemkot Surabaya, Rabu (16/17).

Enam titik yang boleh ada tanda gambar caleg hanya di bundaran Waru, Bundaran Satelit, Tugu Pahlawan, depan Kantor KPU Surabaya Jl Adityawarman, Romo Kalisasri, dan Bundara Kertjaya. Selain di tempat itu, pemasangan bendera caleg dianggap melanggar.

“Rekalame caleg mana pun yang memasang baliho bukan di persil sendiri akan ditebang. Pemkot dan Panwaslu akan mengawasi terus sampai berlangsungnya pemilu legislatif,” ujar Kepala Bakesbang Linmas Sumarno di kantornya, Kamis (18/12).

Menurut dia, pemilihan enam titik itu sudah dikaji KPU, Panwaslu, dan Pemkot. Hasil kajiannya, enam lokasi sangat strategis untuk pengenalan caleg di seluruh penjuru kota. Selain itu, sudah dianggap mewakili lokasi-lokasi lain. Penataan ini dilakukan agar para caleg tidak semaunya memasang baliho.

Namun, pemasangan reklame di enam titik juga akan dilakukan secara bergiliran yang jadwalnya diatur KPU. Mengingat jumlah peserta kampanye pileg sangat banyak. “Jumlah partainya sekarang 38 partai. Kalau masing-masing partai punya 10 caleg berarti ada 380 reklame caleg. Apa mungkin dipasang bareng,” tambahnya.

Namun demikian, reklame di angkutan kota dan tembok rumah warga tidak dipersoalkan. Sebab lahannya bukan milik umum tapi milik pribadi-pribadi. Mereka membayar kepada pemilik lahan atau lokasi titik. pur (Sumber Surabaya Post, Link)

About these ads

Komentar & Pertanyaan yang santun pasti dimuat, iklan boleh tapi jangan berlebihan (SPAM)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: